Toolkit


Unduh

Berikut ini adalah beberapa panduan, presentasi, dan materi pelatihan lainnya untuk topik Satu Data:

  • Perkenalan Satu Data Indonesia (ppt)
  • Paparan perkenalan inisiatif Satu Data Indonesia.

TAUTAN UNDUH

  • Panduan Mempersiapkan Data Terbuka (doc)

Bagian ini berisi beberapa teknik dan standar yang disarankan untuk digunakan ketika melakukan standardisasi data menjadi lebih machine-readable dan reusable. Lampiran ini berisi informasi bagaimana cara melakukan penyusunan data dan memberikan petunjuk bagaimana cara melakukan penulisan data yang sesuai dengan standar Data Terbuka.


TAUTAN UNDUH

  • Panduan Publikasi Data Terbuka

Sebelum melakukan publikasi data, K/L/D/I melakukan pemenuhan metadata. Berikut template metadata yang digunakan dalam Portal Satu Data Indonesia.


Template Metadata Portal Satu Data

  • Anonimisasi (Supply and Quality of Data)

Dalam publikasi data, terdapat beberapa data yang dikecualikan. Untuk mengatur data yang dikecualikan tersebut, maka perlu dilakukan proses anonimisasi. Anonimisasi adalah proses mengaburkan atau menghilangkan informasi dari dataset yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu, rumah tangga atau bisnis, sehingga kerahasiaan tetap terjaga. Proses anonimisasi penting untuk melindungi kerahasiaan saat merilis data publik. Hal tersebut sama pentingnya dengan kebutuhan organisasi untuk mendefinisikan secara jelas kebijakan privasi mereka mengenai tata kelola data, baik bagi individu penyedia dan pengguna data. Pada lampiran berikut merupakan panduan data yang dikecualikan pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

  • Panduan Instalasi Portal Data

Portal Data merupakan wadah untuk integrasi dan publikasi data dalam format data terbuka. Ada dua opsi pengembangan Portal Data. Opsi pertama adalah menginduk dalam Portal Satu Data Indonesia, https://data.go.id. K/L/D/I akan diberikan akun dan dibuatkan organisasi sendiri untuk dikelola di internalnya. Opsi kedua adalah dengan membangun secara mandiri Portal Data yang terintegrasi dengan Portal Satu Data Indonesia. Melalui opsi kedua, Tim Satu Data Indonesia menyarankan untuk menggunakan open source CKAN.Berikut panduan instalasi CKAN, platform yang serupa dengan Portal Satu Data Indonesia, https://data.go.id, yang diadaptasi dari http://docs.ckan.org/en/latest/maintaining/getting-started.html

TAUTAN UNDUH

  • Panduan Pengelolaan data.go.id

Untuk menjalankan pengoperasian data.go.id secara maksimal di masing-masing instansi, maka dibutuhkan tim yang bertanggung jawab atas pengelolaan tersebut agar kegiatan ini berjalan secara berkelanjutan. Berikut dilampirkan panduan dalam membentuk tim tersebut. Panduan tersebut mencakup tugas dari masing-masing anggota tim dan proses bisnis dari tim dalam mengelola Gerakan Keterbukaan Data.

  • Panduan Penggunaan Data Pada data.go.id

Data yang disediakan dalam portal data.go.id memiliki potensi besar untuk pengintegrasian, penarikan turunan, analisis dan lain-lain dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah. Di bawah ini dilampirkan panduan dalam menggunakan data pada data.go.id yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna.

  • Lisensi Creative Commons Pada Data Terbuka

Seluruh data yang ditampilkan dalam data.go.id diwajibkan menggunakan lisensi Creative Commons Attribution (CC-BY). Lisensi tersebut merupakan mekanisme lisensi yang memungkinkan pengguna data untuk menggunakan data yang tersedia dalam data.go.id tanpa halangan apapun dengan tetap mempertahankan hak cipta atas data tersebut kepada pemilik data.